Breaking News

Sabtu, 08 April 2017

Kelaian dan Penyakit Pada Sistem Pernapasan

1.   Emfisema disebabkan oleh rusaknya dinding alveolus sehingga terjadi penurunan penyerapan oksigen.

2.   Pneumonia penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri patogen pada alveolus yang mengakibatkan radang paru-paru. Biasanya alveoli berisi cairan dan sel darah merah.

3.   Asma merupakan kesukaran bernapas akibat kontraksi otot polos dan  trakea. Biasanya disebabkan oleh alergi terhadap serbuk sari, debu, atau kabut.

4.   TBC (tubercolosis) : penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tubercolosis yang menyerang paru-paru, dan dapat menular.

5.   Asfiksi merupakan gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan yang disebabkan oleh terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah, atau jaringan tubuh.

6.   Asidosis disebabkan oleh meningkatnya kadar asam karbonat dan asam bikarbonat dalam darah, yang menyebabkan terganggunya pernapasan.

7.   Pleuritis merupakan radang pada pembungkus paru-paru (pleura).

8.   Faringitis merupakan radang pada faring akibat infeksi oleh bakteri Streptococcus. Tenggorokan sakit dan tampak berwarna merah. Penderita hendaknya istirahat dan diberi antibiotik.

9.   Bronkitis merupakan radang pada cabang tenggorokan akibat infeksi. Penderita mengalami demam dan banyak menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan.

10.  Rinitis merupakan radang pada rongga hidung akibat infeksi oleh virus, missal virus influenza.

11.  Rinitis juga dapat terjadi karena reaksi alergi terhadap perubahan cuaca, serbuk sari, dan debu. Produksi lendir meningkat.

12.  Sinusitis merupakan radang di sebelah atas rongga hidung.

13.  Polip merupakan pembengkakan kelenjar limfa di daerah hidung.

14.  Amandel merupakan pembengkakan kelenjar limfa di daerah tekak.

15.  Tonsilitis merupakan peradangan pada tonsil.

16.  Flu atau influensa merupakan infeksi pada saluran pernapasan oleh virus flu.

17.  Laringitis, radang pada laring. Penderita serak atau kehilangan suara. Penyebabnya antara lain karena infeksi, terlalu banyak merokok, minum alkohol, dan terlalu banyak serak.

18.  Difteri, adalah penyumbatanpada rongga faring atau laring oloeh lendir yang dihasilkan kuman difteri.

19.  Wajah adenoid (kesan wajah bodoh), disebabkan adanya penyempitan saluran napas karena pembengkakan kelenjar limfa atau polip, pembengkakan di tekak atau amandel.

20.  Kanker paru-paru, mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru. Kanker paru-paru dapat menjalar ke seluruh tubuh. Kanker paru-paru sangat berhubungan dengan aktivitas yang sering merokok. Perokok pasif juga dapat menderita kanker paru-paru. Penyebab lainnya yang dapat menimbulkan kanker paru-paru adalah penderita menghirup debu asbes, radiasi ionasi, produk petroleum, dan kromium.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by BeGeEm